25 Okt 2017

Sejarah dan Pendidikan

Tulisan ini meresume dari matakuliah  
REFLEKSI PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF HISTORIS 

View Sejarah 
 
Sejarah adalah rekonstruksi masa lalu. Apa yang direkonstruksi adalah yang dipikirkan, dikatakan, dikerjakan, dan dialami oleh orang (Kuntowijoyo).
John Dewey mengatakan bahwa pendidikan adalah rekonstruksi pengalaman kita yang memberi perbaikan untuk pengalaman masa depan kita.

Kegunaan sejarah menurut Kuntowijoyo
Sejarah berguna instrinsik.
  • Sejarah sebagai cara mengetahui masa lampau
  • Sejarah sebagai pernyataan pendapat
  • Sejarah sebagai profesi
Sejarah berguna Ekstrinsik
  • Sejarah sebagai pendidikan moral
  • Sejarah sebagai pendidikan penalaran
  • Sejarah sebagai pendidikan  politik
  • Sejarah sebagai pendidikan kebijakan. Perbedaan policy = kebijakan (pemerintah,kelompok,asosiasi,organisasi), Wisdom = kebijaksanaan (individu)
  • Sejarah sebagai pendidikan perubahan
  • Sejarah sebagai pendidikan masa depan
  • Sejarah sebagai pendidikan keindahan
  •  Sejarah sebagai ilmu bantu
  • Sejarah sebagai latar belakang
  • Sejarah sebagai rujukan
  • Sejarah sebagai  bukti
Pendekatan sejarah
  1. Sinkronis: bersangkutan dengan peristiwa yang terjadi di suatu masa yang terbatas
  2. Diakronis : berkenaan dengan pendekatan terhadap dengan melihat perkembangan. Sepanjang waktu; bersifat historis

Memang benar kita harus meniru segala apa yang baik dari negeri manapun.Ambilah sifat-sifat dasar yang ada diseluruh dunia, yang dapat memperkembang atau memperkaya kebudayaan nasional kita. Sebaliknya rakyat kita harus berani sanggup dan mampu untuk mewujudkan bentuk sendiri, isi sendiri, irama sendiri, seperti yang layak boleh diharap-harapkan dari bangsa yang telah memasuki dunia internasional, tetapi bangsa yang berpribadi

Lembar Kerja Menulis Hasil Penelitian (Result and Conclusion)

  1. Result (Hasil Penelitian) Tujuan: Menyajikan temuan utama secara jelas dan objektif sesuai dengan tujuan penelitian. Gaya penulisan:...