27 Nov 2017

Materi, Alokasi waktu, Pengelolaan Kelas TKA TPA TPQ



Materi Pelajaran
Materi pokok adalah belajar membaca Al-Qur'an (dengan buku Iqra') dan sholat. Materi penunjangnya adalah hafalan bacaan sholat, 12 doa sehari-hari, 12 surat-surat pendek, 6 kelompok ayat pilihan, dasar-dasar Ulumul Qur'an, menulis dan BCM

Alokasi Waktu Pengajaran
Lama pendidikan selama 1 tahun terbagi 2 semester  setiap pertemuan 90 menit

Pengelolaan Kelas
Tiap kelas ada 30-45 santri sebaya, ada wali kelas dan 4 ustadz privat. Waktu 90 menit digunakan :
1.    10menit :Pembukaan
 (salam, doa, presensi, mengingatkan ustadz privat tentang   
 materi yang dihafalkan, pembagian kartu prestasi dan pengelola waktu pengajaran (penentu kebijakan jam istirahat dan klasikal )
2.    30 menit : Privat
 (untuk pengajaran Iq'ra dan menulis)
3.    15 menit : Privat
  (Bercerita dan atau hafalan)
4.    15 menit : Istirahat
5.    10 menit : Klasikal
  (untuk materi penunjang )
6.    10 menit : Penutup
  (untuk doa dan membaca ikrar)
Ustadz
Jumlah ustadz setiap kelas 5 – 6 setiap kelas (satu ustadz ada yang bertindak sebagai cadangan atau membantu kelompok yang bermasalah dalam pembelajarannya). Setiap ustadz membimbing 5- 6 santri dan harus hadir minimal pada sesion pembukaan untuk mengetahui materi hafalan.

Kompetensi ustadz
Ustadz harus fasih baca Al-Qur'an (ditandai dengan lulus kursus tartil Qur'an atau lulus uji kelayakan ustadz ), menguasai ilmu tajwid, dan adab membaca Al-Qur'an , berkepribadian baik, mampu mengajar, berifat kebapakan/ keibuan dan memiliki kesungguhan atau semangat juang.

PETUNJUK LAPANGAN MENGAJAR TKA-TPA-TPQ



KOMPOSISI & TUGAS USTADZ
Ustadz tiap kelas terdiri dari 5-6 orang dengan komposisi sebagai berikut :
1.      Seorang Pembuka (pembuka dan penutup, doa, presensi, mengingatkan ustadz privat tentang materi yang dihafalkan, pembagian kartu prestasi dan pengelola waktu pengajaran.
2.       Empat Ustadz pendamping.

Catatan :
*      Ustadz utama datang awal dan menyiapkan kelengkapannya.
*      Tiap kelas ada 30-45 santri sebaya, dan dibagi dalam kelompok @ 6 santri
*      Komposisi tempat duduk siswa bebas sesuai dengan kehendak santri.
*      Forum Rapat Koordinasi dilakukan di kantor TPA setelah jam pembelajaran selesai dengan format kekeluargaan untuk forum pengumuman, nasehat menasehati dan kebersamaan asatidz..


PENGELOLAAN WAKTU

Santri masuk ruangan dengan tanda bel (1 kali diulang 3 kali) masuk pada Pkl 16.00 WIB dan berakhir lebih kurang Pkl 17.15 WIB secara rinci :
A.       16.00 – 16.15 Sholat Berjamaah di masjid dan dzikir bakda sholat.
B.        16.15 – 17.15 (60 Menit) Kegiatan Belajar Mengajar dengan rincian :
1.          10menit :Pembukaan
           salam, doa, presensi,  Bercerita dan atau hafalan, mengingatkan ustadz privat tentang  
 materi yang dihafalkan, pembagian kartu prestasi untuk hafalan
2.          30 menit : Privat dengan bantuan ustadz pendamping (untuk pengajaran Iq'ra, menulis dan hafalan)
3.          10 menit : Klasikal  (untuk materi penunjang )
4.          10 menit : Penutup (nasehat dan doa)
PETUNJUK LAPANGAN MENGAJAR
KOMPOSISI & TUGAS USTADZ
Ustadz tiap kelas terdiri dari 5-6 orang dengan komposisi sebagai berikut :
1.         Seorang Pembuka (pembuka dan penutup, doa, presensi, mengingatkan ustadz privat tentang materi yang dihafalkan, pembagian kartu prestasi dan pengelola waktu pengajaran.
2.       Empat Ustadz pendamping.

Catatan :
*      Ustadz utama datang awal dan menyiapkan kelengkapannya.
*      Tiap kelas ada 30-45 santri sebaya, dan dibagi dalam kelompok @ 6 santri
*      Komposisi tempat duduk siswa bebas sesuai dengan kehendak santri.
*      Forum Rapat Koordinasi dilakukan di kantor TPA setelah jam pembelajaran selesai dengan format kekeluargaan untuk forum pengumuman, nasehat menasehati dan kebersamaan asatidz..


PENGELOLAAN WAKTU

Santri masuk ruangan dengan tanda bel (1 kali diulang 3 kali) masuk pada Pkl 16.00 WIB dan berakhir lebih kurang Pkl 17.15 WIB secara rinci :
A.       16.00 – 16.15 Sholat Berjamaah di masjid dan dzikir bakda sholat.
B.        16.15 – 17.15 (60 Menit) Kegiatan Belajar Mengajar dengan rincian :
1.  10menit :Pembukaan
           salam, doa, presensi,  Bercerita dan atau hafalan, mengingatkan ustadz privat tentang  
 materi yang dihafalkan, pembagian kartu prestasi untuk hafalan
2.          30 menit : Privat dengan bantuan ustadz pendamping (untuk pengajaran Iq'ra, menulis dan hafalan)
3.          10 menit : Klasikal  (untuk materi penunjang )
4.          10 menit : Penutup (nasehat dan doa)

Lembar Kerja Menulis Hasil Penelitian (Result and Conclusion)

  1. Result (Hasil Penelitian) Tujuan: Menyajikan temuan utama secara jelas dan objektif sesuai dengan tujuan penelitian. Gaya penulisan:...