27 Nov 2017

PETUNJUK LAPANGAN MENGAJAR TKA-TPA-TPQ



KOMPOSISI & TUGAS USTADZ
Ustadz tiap kelas terdiri dari 5-6 orang dengan komposisi sebagai berikut :
1.      Seorang Pembuka (pembuka dan penutup, doa, presensi, mengingatkan ustadz privat tentang materi yang dihafalkan, pembagian kartu prestasi dan pengelola waktu pengajaran.
2.       Empat Ustadz pendamping.

Catatan :
*      Ustadz utama datang awal dan menyiapkan kelengkapannya.
*      Tiap kelas ada 30-45 santri sebaya, dan dibagi dalam kelompok @ 6 santri
*      Komposisi tempat duduk siswa bebas sesuai dengan kehendak santri.
*      Forum Rapat Koordinasi dilakukan di kantor TPA setelah jam pembelajaran selesai dengan format kekeluargaan untuk forum pengumuman, nasehat menasehati dan kebersamaan asatidz..


PENGELOLAAN WAKTU

Santri masuk ruangan dengan tanda bel (1 kali diulang 3 kali) masuk pada Pkl 16.00 WIB dan berakhir lebih kurang Pkl 17.15 WIB secara rinci :
A.       16.00 – 16.15 Sholat Berjamaah di masjid dan dzikir bakda sholat.
B.        16.15 – 17.15 (60 Menit) Kegiatan Belajar Mengajar dengan rincian :
1.          10menit :Pembukaan
           salam, doa, presensi,  Bercerita dan atau hafalan, mengingatkan ustadz privat tentang  
 materi yang dihafalkan, pembagian kartu prestasi untuk hafalan
2.          30 menit : Privat dengan bantuan ustadz pendamping (untuk pengajaran Iq'ra, menulis dan hafalan)
3.          10 menit : Klasikal  (untuk materi penunjang )
4.          10 menit : Penutup (nasehat dan doa)
PETUNJUK LAPANGAN MENGAJAR
KOMPOSISI & TUGAS USTADZ
Ustadz tiap kelas terdiri dari 5-6 orang dengan komposisi sebagai berikut :
1.         Seorang Pembuka (pembuka dan penutup, doa, presensi, mengingatkan ustadz privat tentang materi yang dihafalkan, pembagian kartu prestasi dan pengelola waktu pengajaran.
2.       Empat Ustadz pendamping.

Catatan :
*      Ustadz utama datang awal dan menyiapkan kelengkapannya.
*      Tiap kelas ada 30-45 santri sebaya, dan dibagi dalam kelompok @ 6 santri
*      Komposisi tempat duduk siswa bebas sesuai dengan kehendak santri.
*      Forum Rapat Koordinasi dilakukan di kantor TPA setelah jam pembelajaran selesai dengan format kekeluargaan untuk forum pengumuman, nasehat menasehati dan kebersamaan asatidz..


PENGELOLAAN WAKTU

Santri masuk ruangan dengan tanda bel (1 kali diulang 3 kali) masuk pada Pkl 16.00 WIB dan berakhir lebih kurang Pkl 17.15 WIB secara rinci :
A.       16.00 – 16.15 Sholat Berjamaah di masjid dan dzikir bakda sholat.
B.        16.15 – 17.15 (60 Menit) Kegiatan Belajar Mengajar dengan rincian :
1.  10menit :Pembukaan
           salam, doa, presensi,  Bercerita dan atau hafalan, mengingatkan ustadz privat tentang  
 materi yang dihafalkan, pembagian kartu prestasi untuk hafalan
2.          30 menit : Privat dengan bantuan ustadz pendamping (untuk pengajaran Iq'ra, menulis dan hafalan)
3.          10 menit : Klasikal  (untuk materi penunjang )
4.          10 menit : Penutup (nasehat dan doa)

Lembar Kerja Menulis Hasil Penelitian (Result and Conclusion)

  1. Result (Hasil Penelitian) Tujuan: Menyajikan temuan utama secara jelas dan objektif sesuai dengan tujuan penelitian. Gaya penulisan:...