Program Latihan Profesi I (PLP I)
Program Latihan Profesi (PLP) I adalah salah satu kegiatan intrakurikuler yang dilaksanakan oleh
mahasiswa yang meliputi pengetahuan yang bersumber dari praktik riil
tenaga kependidikan di lembaga/instansi mitra. Pengetahuan baru tersebut
diharapkan menjadi bahan diskusi dan refleksi yang diwujudkan dalam makalah
ilmiah berbasis Participatory Action Research (PAR).
Di samping itu, kegiatan ini juga bertujuan
agar mahasiswa memiliki kesiapan melaksanakan Program Latihan Profesi I (PLP) II
sebagai kelanjutan dari PLP I.
A.
Tujuan
Program Latihan Profesi I (PLP) I bertujuan:
1. Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial di lembaga/instansi mitra dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi tenaga kependidikan.
2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan memahami
serta menghayati seluk-beluk lembaga/instansi pendidikan dengan segenap
permasalahannya baik yang terkait kegiatan manajerial dan pengelolaan
kelembagaan.
B.
Target
Program Latihan Profesi (PLP) I mempunyai target agar mahasiswa memiliki
pengetahuan awal untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga kependidikan yang
memiliki tiga pilar utama, yakni metodologi riset, dimensi aksi, dan dimensi
partisipasi.
Secara rinci adalah sebagai berikut:
1.
Kompetensi Manajerial
Kompetensi
manajerial adalah kemampuan mengelola kependidikan. Target minimal yang harus
dimiliki oleh mahasiswa praktikan setelah melaksanakan PLP I adalah:
a.
Memiliki penguasaan
teori dan dasar-dasar manajemen kependidikan.
b.
Memiliki kemampuan
untuk merancang dan menyusun program pengelolaan kependidikan.
c.
Memiliki keterampilan
dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan kependidikan.
d.
Memiliki kemampuan
untuk mengevaluasi hasil kegiatan pengelolaan kependidikan.
e.
Memiliki keterampilan
menggunakan sarana prasarana pengelolan kependidikan.
f.
Memiliki keterampilan
membuat karya ilmiah berbasis Participatory Action Research (PAR).
2. Kompetensi Teknik
Kompetensi teknik merupakan kemampuan
penguasaan dalam pengelolaan kependidikan secara luas dan mendalam. Target
minimal yang harus dimiliki oleh mahasiswa praktikan setelah mereka
melaksanakan PLP I adalah memiliki penguasaan pengelolaan kependidikan dalam
bidang yang menjadi tugasnya, yakni menyangkut aspek substantif, aspek proses
dan aspek konteks.
a.
Aspek substantif
manajemen pendidikan Islam berkenaan dengan perangkat tugas pokok sistem
administrasi dan manajemen dalam penyelenggaraan pendidikan Islam. Aspek ini
berkenaan dengan garapan administrasi dan manajemen yang mencakup: (1)
administrasi dan manajemen kurikulum, (2) administrasi dan manajemen kesiswaan,
(3) administrasi dan manajemen SDM (pendidik dan tenaga kependidikan), (4)
administrasi dan manajemen sarana prasarana, (5) administrasi dan manajemen
keuangan, (6) administrasi dan manajemen kemitraan, (7) administrasi dan
manajemen perpustakaan, (8) administrasi dan manajemen laboratorium, (9)
administrasi dan manajemen kepemimpinan yang bersifat khusus sesuai dengan
kebutuhan kelembagaan.
b.
Aspek proses
manajemen pendidikan Islam berkenaan dengan produktivitas, efektifitas, dan
efisiensi prosedur operasional penyelenggaraan pendidikan Islam dalam mencapai
tujuan pendidikan. Perangkat operasional berkenaan dengan serangkaian proses
kerja yaitu (1) perencanaan dan program, (2) pengorganisasian, komunikasi, dan
koordinasi, (3) pengawasan dan pengendalian, (4) audit dan evaluasi, serta (5)
laporan dan pertanggungjawaban.
c.
Aspek konteks dari
manajemen pendidikan Islam berkenaan dengan setting kelembagaan pendidikan
dalam kategori (1) Satuan penyelenggaraan pendidikan pada setiap jalur dan
jenjang pendidikan, (2) Satuan program pendidikan pada setiap
dinas/instansi/lembaga penyelenggara pendidikan.
3.
Kompetensi Kepribadian
Kompetensi kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang
mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa, serta menjadi teladan peserta
didik. Target minimal yang harus dimiliki oleh mahasiswa praktikan setelah
mereka melaksanakan PLP I ini adalah:
a.
Memiliki kedewasaan
dalam berpikir, bertindak dan bertutur kata.
b.
Memiliki rasa
tanggung jawab yang tinggi dan disiplin dalam melaksanakan tugas serta
kewajiban.
c.
Memiliki kesopanan
dan kerapian dalam berpakaian.
d.
Melatih menjadi
contoh teladan pribadi yang baik.
4.
Kompetensi Sosial
Kompetensi sosial merupakan kemampuan
tenaga kependidikan untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan
efisien dengan peserta didik, kepada guru, dan kepada sesama tenaga
kependidikan, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Target
minimal yang harus dimiliki oleh mahasiswa praktikan adalah mampu bergaul dan
menjalin kerjasama dengan orang lain (Panitia PLP, Dosen Pembimbing, dan sesama
mahasiswa) dengan baik, sopan, dan santun.
Ada 3 (tiga) kegiatan utama dalam
pelaksanaan PLP I di lembaga/instansi mitra yang harus
dilaksanakan oleh mahasiswa praktikan, yaitu: (1) tahap persiapan, (2) tahap kegiatan observasi dan diskusi/refleksi praktik manajerial kependidikan,
dan (3) kegiatan
pelaporan karya tulis ilmiah dengan basis Participatory
Action Riset (PAR).